Pages


33didada.blogspot.com: Kadang ada sesuatu yg tak harus dikatakan tapi harus dimengerti
Diberdayakan oleh Blogger.

KENANGAN : Rekor Jumlah Penonton , Final Divisi Utama Psms vs Persib era Perserikatan 1985

Harian kompas dan majalah tempo menulis pertandingan yang harus diselesaikan melalui adu tendangan penalti tersebut disaksikan oleh 150.000 penonton , sementara tabloid BOLA menulis final diskasikan lebih dari 125.000 penonton.

#82ThPERSIB

14 MARET 2015 sejak dinihari tadi, seperti yang sudah diperkirakan.....status mengucapkan selamat ulang tahun PERSIB yang ke-82 menjadi hal yang jamak di berbagai media sosial, Jauh sebelum trend media sosial merajalela beberapa tahun belakangan ini sebenarnya ritual selamat-selamatan ini pun telah terjadi dikalangan bobotoh yang memiliki akses untuk mengekspresikan rasa suka citanya

Genetika Real Madrid Dan Chelsea Pada Persib

Genetika berasal dari kata serapan bahasa Belanda: genetica, adaptasi dari bahasa Inggris: genetics, dibentuk dari kata bahasa Yunani: γέννω, genno yang berarti “melahirkan”. Adalah cabang biologi yang mempelajari pewarisan sifat pada organisme maupun suborganisme (seperti virus dan prion)

SIAPA PRABU SILIWANGI?

Bagi masyarakat Sunda atau Jawa Barat, siapa yang tidak mengenal nama Prabu Siliwangi. Raja Pajajaran yang identik dengan Harimau Putih itu dikenal sebagai salah satu raja sakti yang pernah dimiliki oleh negeri Pasundan (Jawa Barat). Nama Prabu Siliwangi sendiri sesungguhnya adalah nama lain dari Pangeran Pamanah Rasa

SEJARAH PERSIB

Sebelum bernama Persib, di Kota Bandung berdiri Bandoeng Indische Voetbal Bond (BIVB) pada sekitar tahun 1923. BIVB ini merupakan salah satu organisasi perjuangan kaum nasionalis pada masa itu. Tercatat sebagai Ketua Umum BIVB adalah Mr. Syamsudin yang kemudian diteruskan oleh putra pejuang wanita Dewi Sartika, yakni R. Atot.

Jumat, 13 Maret 2015

#82ThPERSIB

PERSIB adalah tim kebanggaan Bandung, dan Jawa Barat. Semua yang berbau PERSIB pasti akan sangat digemari diseantero tanah pasundan. Dan janganlah sekali2 menanyakan arti PERSIB dihati kami, karena buat kami PERSIB adalah segalanya. Sejarah panjang PERSIB bisa teman-teman baca di internet, silahkan ketikkan PERSIB maka akan keluar semua info tentang tim Pangeran Biru ini. Setiap tim besar tentu mempunyai pendukung yang banyak pula. Demikian juga dengan PERSIB. Secara global pendukung PERSIB disebut BOBOTOh (penggemar). Bobotoh lahir karena kecintaan yang mendalam kepada tim PERSIB. Kemanapun PERSIB main, bobotoh akan selalu menonton. Anak kecil, remaja, dewasa bahkan orang tua takkan mau melewatkan kesempatan menonton penampilan pahlawan-pahlawan lapangan hijau.

Dulu GBK selalu penuh dengan warna biru, saat PERSIB bertanding. Bobotoh dari segala penjuru akan berbondong-bondong menuju stadion kebanggaan Indonesia ini. Ketika melawan PSMS, Persebaya, PSM (ketiganya adalah musuh bebuyutan PERSIB), bahkan melawan tim merah asal ibukota (Persija) sekalipun bobotoh tetap akan mengekspansi GBK. Tak ada rasa takut, yang ada hanya keinginan yang kuat menonton sang idola bermain. Bahkan diakhir tahun 80-an GBK tak mampu lagi menahan jumlah bobotoh yang hadir, dalam laga penuh emosi dan laga EL_CLASSICO sebenarnya ketika PERSIB berhadapan dengan PSMS.

Itulah sekalumit cerita tentang Bobotoh secara umum. Secara khusus, bobotoh PERSIB sendiri terbagi dalam beberapa kelompok besar. Dan yang paling di kenal masyarakat adalah VIKING

Dan 14 MARET 2015 sejak dinihari tadi, seperti yang sudah diperkirakan.....status mengucapkan selamat ulang tahun PERSIB yang ke-82 menjadi hal yang jamak di berbagai media sosial,
Jauh sebelum trend media sosial merajalela beberapa tahun belakangan ini sebenarnya ritual selamat-selamatan ini pun telah terjadi dikalangan bobotoh yang memiliki akses untuk mengekspresikan rasa suka citanya, jika dulu yang bisa merayakan ulang tahun PERSIB itu adalah para pengurus dan diketahui publik melalui pemberitaan koran,televisi, radio dll, maka saat ini semua orang mengeksistensikan ucapan selamatnya secara bebas (meskipun bisa jadi si pengucap selamat itu tidak terlalu menyukai sepakbola), walau tentunya ucapan selamat itu tidaklah diterima secara langsung oleh yang berulang tahun.

Usia 82 untuk sebuah klub sepakbola bukanlah usia renta menuju kematian, terlebih jika dibandingkan dengan klub-klub luar yang telah berusia ratusan tahun. Namun dalam konteks Indonesia, ini adalah usia yang cukup dewasa dan sangat senior, untuk dijadikan rujukan, romantisme, bahan cerita, ataupun sekedar simbol untuk sesuatu yang melegenda.

Berbicara mengenai korelasi usia dan kedewasaan, ibarat manusia seringkali tidak dapat dijadikan parameter pasti, bisa saja yang tua itu tidak dewasa, matang dan memenuhi syarat lain kedewasaan, sebaliknya bisa jadi orang yang secara usia masih muda mampu menunjukkan gejala-gejala kedewasaan. Jika sintesis tadi ditarik dalam konteks sepakbola, maka saya berani mengatakan bahwa PERSIB telah sangat dewasa luar dalam, selama 82 tahun perjalanannya PERSIB telah marasakan penempaan yang mematangkan, sisi historis, emosional, prestasi serta keterpurukan membuat tim kebanggaan kita semua ini mampu menunjukkan wajahnya yang paling humanis untuk dapat diterima ketika ditengadahkan kepada pendukung setianya.....bobotoh.

Kedewasaan PERSIB semakin menjadi dengan percepatan yang dialami selama beberapa tahun ini, transformasi dari tim amatir menjadi klub profesional dilalui dengan masa transisi yang penuh akselerasi. Jika tim lain pada kondisi wajar akan sangat dipengaruhi faktor eksternal seperti kebijakan-kebijakan diluar klub itu sendiri (federasi, sponsor, pemerintah dll) untuk menjadi klub profesional, maka PERSIB lebih mampu mengoptimalkan potensinya sendiri yang sebenarnya telah mengendap begitu lama, dari mulai nama besar, pasar, daya beli suporter yang tinggi dsb.

Selamat ulang tahun #82THPERSIB.....kudampingi kau hingga akhir.......

**
Ktika sya chat Di room #amsterdam ada yg menyapa saya pas menggunakan nick bandung33..... dia bertanya yang kurang lebih artinya “apakah anda berasal dari bandung indonesia?...kata kakek saya ada klub hebat selain ajax, namanya PERSIB, benarkah itu?”...rupanya dia adalah keturunan priangan yang menetap di belanda :))  s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Follow Us

Blogroll

About

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail